3 Masjid tertua di Indonesia


 3 Masjid tertua di Indonesia

3 Masjid tertua di indonesia adalah:

  1. Masjid Saka Tunggal Banyumas




    Masjid Saka Tunggal Banyumas adalah masjid yang berada di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa tengah atau 30 km dari arah barat daya dari Purwokerto. Masjid ini termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia, Bahkan masjid ini ada sebelum Wali Songo. Masjid ini di bangun pada 1288M seperti yang tertulis di Saka Tunggal masjid ini.Tahun pembuatan masjid ini lebih tertulis jelas di kitab-kitab yang ditinggalkan pendiri masjid ini yaitu Kyai Mustalih, Namun kitab-kitab itu telah hilang bertahun-tahun lalu.

    2. Masjid Wapauwe, Maluku Tengah


    Masjid Wapauwe telah berdiri 1414 silam dan diperkirakan berumur 609 tahun masjid ini berada di Desa Kaitetu. Mulanya masjid ini bernama Masjid Wawame karna terletak di lereng gunung Wawane pada masa penjajahan belanda masjid ini sempat berpindah ke Kampung Tahala pada 1614.
    
    3. Masjid Sunan Ampel, Surabaya
    Masjid ini didirikan pada 1621, sehingga usianya mencapai 602 tahun berdasarkan dari laman Dunia Masjid Jakarta Islamic Centre. Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel, tepat di belakang masjid terdapat komplek Makam Sunan Ampel. Masjid Agung Sunan Ampel berada di Jl. Petukang I, Ampel, Kec Semampir, Kota Surabaya.

    Baca juga: Profile Shin Tae-yong!!!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar